Persyaratan Student Visa

  • Terdaftar sebagai siswa yang mengambil full time course dari suatu institusi pendidikan di Australia. Institusi pendidikan dan course tersebut harus terdaftar dalam Commonwealth Register of Institutions and Courses for Overseas Students. Anda tidak bisa mendapatkan visa Australia apabila course anda 100% online, atau part time.
  • Memiliki kesehatan yang baik. Anda harus melakukan medical check up di tempat yang telah ditunjuk DIAC. Anda tidak bisa memakai hasil medical check up yang tesnya dilakukan lebih dari enam bulan sebelum course anda mulai.
  • Berperilaku baik. Rekor kriminal atau pelanggaran imigrasi, baik di Australia maupun negara lain, dapat mempengaruhi kemungkinan anda untuk mendapatkan visa.
  • Tidak mempunyai hutang terhadap pemerintah Australia
  • Menyatakan bahwa anda akan menghormati norma Australia dan menaati hukum Australia
  • Memiliki Overseas Student Health Cover (OSHC) selama masa visa berlaku
  • Anda atau sponsor anda (biasanya orang tua) harus memiliki uang yang cukup untuk membiayai sekolah/kuliah dan biaya hidup anda dan keluarga selama di Australia. Anda/sponsor anda harus bisa menunjukkan bahwa anda/sponsor anda memiliki uang minimal sebanyak ekuivalen sejumlah biaya sekolah/kuliah (tuition fee) tahun pertama anda ditambah:

AU$ 19,000 untuk anda yang single; atau

AU$ 26,300 untuk anda yang telah menikah, tanpa mempunyai anak; atau

AU$ 38,900 untuk anda yang telah menikah dan memiliki 1 anak usia antara 5-17 tahun; atau

AU$50,600 untuk anda yang memiliki 2 anak usia antara 5-17 tahun

  • Bagi siswa di bawah umur 18 tahun, aplikasi student visa harus ditandatangani oleh orang tua atau guardiannya. Selain itu, siswa tersebut harus tinggal di Australia bersama dengan orang tua, atau relative yang berusia lebih dari 21 tahun yang dipilih oleh orang tua, atau akomodasi yang sudah disetujui oleh institusi pendidikannya (misal: homestay).

Perihal admin
Karena khawatir akan keamanan saya, orang tua saya mengirim saya ke Australia pada tahun 1998 untuk melanjutkan study. Dari Year 9 sampai Master, semuanya saya lakukan di kota Melbourne. I love Melbourne. But I love Jakarta too. Seandainya kelebihan Melbourne dan Jakarta bisa digabungkan menjadi satu kota, it'll be such a perfect place to live. Sejak high school saya sudah mempunyai interest dengan "international student". Ya, karena saya sendiri juga memang masih termasuk international student pada waktu itu. Begitu lulus s1, saya bekerja di education agent di Melbourne. And I love it. Karena gaji yang di bawah standar, akhirnya saya memutuskan untuk resign, dan akhirnya pulang ke Indonesia. Di Indonesia saya iseng-iseng melamar pekerjaan. Ternyata melamar pekerjaan di Indonesia jauh lebih mudah daripada di Australia. Saya rasa most likely karena saya overseas graduate. Saya mendapat pekerjaan sebagai tax consultant, kemudian ganti menjadi financial consultant di salah satu bank multinational di Indonesia. Kemudian saya kembali lagi ke Australia karena requirement utama agar Permanent Residency saya diperpanjang adalah stay di Australia minimum 2 tahun setelah dapat PR. Di Australia saya ambil MBA. Berkat pelajaran Entrepreneurship, saya menjadi mempunyai keinginan besar untuk mempunyai bisnis sendiri. Sewaktu MBA saya juga bekerja freelance sebagai student referrer di salah satu agen pendidikan. Dan pada waktu itu saya refer sepupunya teman saya. Teman saya complain ke saya karena sepupunya merasa bahwa agen pendidikan tersebut seperti memaksa untuk masuk ke universitas rekomendasi agen tersebut. Dari situlah saya memutuskan untuk membuka agen pendidikan saya sendiri, yang jujur dan berusaha untuk mencarikan course dan institusi pendidikan sesuai dengan kebutuhan calon student. Agen pendidikan itu saya namakan Optima Educational Services

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: